Minggu, 07 Mei 2017

PENGERTIAN, JENIS-JENIS, KARAKTERISTIK, DEPARTEMEN, RUANG LINGKUP, FASILITAS, SOP, DAN STANDART GROOMING HOTEL

PENGERTIAN HOTEL SECARA UMUM

 

A.      PENGERTIAN HOTEL 
       
            Kata Hotel mulai dipakai sejak abad ke 18 di London, Inggris. Pada saat itu kata hotel adalah “ garni “, sebuah rumah besar yang dilengkapi dengan sarana tempat menginap/tinggal untuk penyewaan secara harian, mingguan atau bulanan. Kata hotel sendiri merupakan perkembangan dari bahasa Perancis. Hotel berasal dari kata latin: “ hostel”   dan mulai dikenal di masyarakat pada tahun 1797.

Ada beberapa definisi hotel berdasarkan berbagai pendapat, di antaranya :

Ø  Hotel adalah : Bangunan yang menyediakan kamar-kamar untuk menginap para tamu, makanan dan minuman, serta fasilitas-fasilitas lain yang diperlukan dan dikelola secara profesional untuk mendapatkan keuntungan ( Rumekso, 2002 : 2 )
Ø  Hotel adalah :Suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersil, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan berikut makan dan minum ( SK Menteri  Perhubungan No. Pm. 10/Pw. 301/Phb. 77 ).
Ø  Hotel adalah  : Perusahaan yang menyediakan jasa dalam bentuk akomodasi serta menyediakan hidangan dan fasilitas lainnya dalam hotel untuk umum yang memenuhi syarat kenyamanan dan bertujuan komersil dalam jasa tersebut ( SK. Menteri Perhubungan No. 241/11/1970 ).

B.  KARAKTERISTIK USAHA INDUSTRI HOTEL  

Industri hotel disamping memiliki ciri-ciri khas sebagai industri pariwisata pada umumnya, juga memiliki karakteristik yang membedakan dengan industri lain. Karakteristik itu antara lain industri hotel tergolong industri yang padat modal dan padat karya, industri hotel dipengaruhi oleh perubahan yang terjadi di berbagai sektor, industri hotel menghasilkan dan memasarkan produknya bersamaan dengan tempat dimana produk itu  dihasilkan, industri hotel bekerja selama dua puluh empat jam tanpa mengena l libur dalam melayani tamu, industry hotel menganggap dan memperlakukan tamu sebagai raja. 

C.  FUNGSI DAN PERANAN HOTEL 

Hotel berfungsi sebagai suatu sarana untuk kebutuhan tamu sebagai tempattinggal sementara. Hotel bukan hanya untuk menginap, beristirahat, makan dan minum bagi masyarakat, tetapi juga sebagai tempat untuk melangsungkan upacara, konferensi dan lain-lain sehingga penyediaan fasilitasnya pun sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan para tamu.    



D.  PENGELOMPOKAN HOTEL 

Hotel dapat dikelompokkan ke dalam berbagai kriteria menurut kebutuhannya. Kriteria yang umum digunakan adalah sebagai berikut: 

Ø  Pengelompokan menurut standar, hotel  dibagi menjadi hotel internasional,hotel semi internasional dan hotel nasional
Ø  Pengelompokan menurut ukuran, hotel di bagi menjadi hotel yang beroperasi  sepanjang tahun dan hotel yang beroperasi pada musim-musim tertentu.
Ø  Pengelompokan menurut lokasi, hotel di bagi menjadi hotel yang berlokasi didaerah perkotaan, hotel yang berlokasi di pinggiran kota, hotel yang berlokasi di daerah pegunungan atau tepi pantai, hot el yang berlokasi disepanjang jalan raya yang menghubungkan satu kota dengan kota lain.
Ø  Pengelompokan menurut pelayanannya , hotel dibagi menjadi hotel yang memberikan pelayanan untuk tamu-tamu yang akan mengadakan symposium, konferensi, lokakarya, hotel yang me mberikan pelayanan untuk tamu-tamu pemuda dan hotel yang memberikan  pelayanan untuk kelompok-kelompok konferensi tertentu.

E.  KLASIFIKASI HOTEL 

Klasifikasi atau pembagian hotel memang terbagi beberapa jenis. Pengklasifikasian hotel di Indonesia dilakukan dengan melakukan peninjauan setiap 3 tahun sekali yang dilakukan oleh PHRI dengan mempertimbangkan beberapa aspek. Mulai dari jumlah kamar, fasilitas dan peralatan yang disediakan, model system pengelolaan, bermotto pelayanan. Mempertimbangkan aspek-aspek tersebut maka hotel dibagi menjadi 5 tingkatan.
Klasifikasi hotel adalah suatu sistim  pengelompokan hotel-hotel ke dalam berbagai kelas atau tingkatan, berdas arkan penilaian tertentu. Berdasarkan keputusan menteri perhubungan NO.PM.10/PW.301/Pdb-77 telah ditetapkan bahwa penilaian klasifikasi hotel didasarkan pada berbagai pertimbangan lain serta pelayanan yang akan diberikan. Hal- hal yang diperhatikan dalam klasifikasi hotel  berdasarkan surat keput usan di atas adalah klas ifikasi hotel dengan melihat jumlah kamar, fasilitas dan peralatan,  mutu pelayanan.
 Berdasarkan penilaian tersebut hotel-hotel di Indonesia digolongkan ke dalam lima kelas hotel, yaitu hotel bintang satu (*), hotel bintang dua (**), hotel bintang tiga (***), hotel bintang empat (****) dan hotel bintang lima (*****). Hotel-hotel dengan golongan kelas tertinggi dinyatakan dengan tanda bintang lima dan hotel dengan golongan kelas terendah dinyatakan dengan tanda bintang lima dan hotel dengan golongan kelas terendah dinyatakan dengan tanda bintang satu.
Hotel-hotel yang tidak memenuhi standar kelima kelas tersebut atau berada di bawah standar minimum yang ditetapkan oleh menteri  perhubungan disebut hotel melati atau hotel tidak berbintang . 
Hotel sebagai suatu usaha industri pelayanan jasa menghasilkan,menyediakan dan melayani tamu dalam  bentuk barang dan jasa. Dari segi produk  industri hotel terdiri dari dua bagian  yaitu produk yang berlanjut pada produk  hotel yang tak berwujud. Pengelolaan di hotel dibagi menjadi  beberapa bagian yaitu “independent” jika usaha hotel dikelola secara bebas tidak  terikat perusahaan lain, “chain” jika hotel tersebut merupakan bagian dari suatu induk pengelolaan memiliki system dan manajemen yang sama dengan induknya,  “francrise” jika merupakan kerja  sama pengelolaan antara hotel yang satu dengan hotel lainnya yang lebih kuat.

F. TUJUAN PENGELOMPOKAN KELAS HOTEL 

Beberapa tujuan penggolongan kelas hotel adalah sebagai pedoman tehnis bagi calon investor (penanam modal) di bidang perhotelan, sebagai informasi bagi calon penghuni hotel agar dapat mengeta hui fasilitas dan pelayanan yang akan peroleh di suatu hotel sesuai dengan  golongan kelasnya dan sebagai acuan supaya tercipta persaingan yang sehat an tara  pengusaha hotel sehingga tercapai keseimbangan antara permintaan dan penawaran dalam usaha akomodasi hotel.

PENGELOMPOKAN DEPARTEMENT DALAM HOTEL

Dibawah ini merupakan pengelompokan bebrapa departement dalam hotel,yaitu:

Ø  Front office Departement
Front Office biasa disebut sebagai jantung hotel,karna Front Office adalah tempat yang paling utama dikunjungi oleh tamu,itu karena tempat Front Office berada dibagian depan.

Ø  Food And Beverage Service Departement
Food and beverage department adalah bagian dari hotel yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lain yang terkait, dari para tamu yang tinggal maupun yang tidak tinggal di hotel tersebut dan dikelola secara komersial serta profesional.

Ø  House Keeping Departement
Bagian atau departemen yang bertugas untuk mengatur dan menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan dan memberi dekorasi dengan tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan penghuninya.

Ø  Accounting Departement
Accounting disebut juga Finance Departement yaitu salah satu bagian dari manajemen hotel yang berfungsi untuk mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan hotel tersebut.

Ø  Human Resource Departement
Bagian atau unit yang biasanya mengurusi SDM ialah bagian personalia atau “Human Resources Department”. Departemen ini memilki peran yang amat penting di hotel, menangani pemasokan tenaga kerja  yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang sesuai pada department lain yang membutuhkan karywan professional pada bidangnya.

Ø  Engineering Departement
Pengertian dari Engineering departemen adalah departemen yang bertanggung jawab terhadap sumber air dan listrik hotel,peralatan elektronik.Engineering bertugas jika tamu menyalahgunakan atau kesalahan teknis peralatan di dalam hotel dengan memperbaiki peralatan yang rusak dengan keahliannya sebagai teknisi.

Ø  Marketing department
suatu bagian yang bertugas memasarkan hotel kepada masyarakat maupun pelanggan agar setiap tahunnya mengalami peningkatan atas tamu-tamu yang menginap dan menggunakan fasilitas-fasilitas hotel.

Ø  Purchasing department
suatu bagian yang bertanggung jawab atas keseluruhan pembelian pengadaan serta semua kebutuhan hotel.

Ø  Security Department
suatu bagian yang bertugas menjaga keamanan hotel maupun tamu selama menginap (24 jam)



JENIS-JENIS HOTEL

 

Mengenal Hotel

        Salah satu sarana penunjang pariwisata adalah tersedianya akomodasi di daerah wisata tersebut. Adapun jenis dari akomodasi sangat bervariasi sesuai dengan jenis dan fungsinya. Salah satu jenis dari akomodasi adalah hotel. Kata hotel berasal dari bahasa Perancis yaitu hostel yang berarti rumah penginapan bagi orang –orang yang sedang mengadakan perjalanan atau bepergian. Definisi Hotel Hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa layanan penginapan, makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial.

JENIS HOTEL BERDASARKAN KRITERIA PENGELOMPOKAN HOTEL

  1. Sistem penetapan tarif kamar (room rate)
  2. Ukuran dan jumlah kamar
  3. Jenis atau tipe tamu
  4. Lokasi hotel
  5. Lama tamu menginap
  6. Disain dan struktur hotel
  7. Lama buka hotel dalam setahun
  8. Tarif Hotel


1.      BERDASARKAN SISTEM PENETAPAN TARIF KAMAR (ROOM RATE)

Ø  Full American Plan (FAP), yaitu hotel yang menganut sistem dimana harga kamar sudah termasuk tiga kali makan
Ø  Modified American Plan (MAP), yaitu hotel yang menganut sistem dimana harga kamar sudah termasuk makan dua kali
Ø  Continental Plan, yaitu hotel yang menganut sistem dimana harga kamar sudah termasuk makan pagi (continental breakfast)
Ø  Bermuda Plan, hotel dengan sistem harga kamar sudah termasuk makan pagi (American Breakfast)
Ø  European Plan, yaitu hotel dengan sistem dimana harga kamar tidak termasuk makan (room rate only)





2.     BERDASARKAN UKURAN DAN JUMLAH KAMAR

Ø  Hotel kecil, jumlah kamar sampai dengan 25 kamar
Ø  Hotel menengah, memiliki jumlah kamar antara 25 sampai 100
Ø  Hotel sedang, jumlah kamar antara 100 sampai 300
Ø  Hotel besar, yaitu hotel yang mempunyai jumlah kamar diatas 300

3.     BERDASARKAN JENIS ATAU TIPE TAMU

Ø  Family hotel, yaitu hotel yang sebagian besar tamunya terdiri dari keluarga
Ø  Business hotel, sebagian besar tamunya merupakan orang –orang yang sedang melakukan tugas atau usaha
Ø  Tourist hotel, yaitu hotel yang sebagain besar tamunya adalah wisatawan
Ø  Transit hotel, yaitu hotel yang sebagian besar tamunya adalah mereka yang akan melanjutkan perjalanan (hotel hanya sebagai tempat persinggahan sementara saja)
Ø  Cure Hotel, yaitu hotel yang sebagian besar tamunya adalah dengan tujuan pengobatan

4.     BERDASARKAN LOKASI HOTEL

Ø  Resort Hotel, yaitu hotel yang berlokasi di daerah wisata
Ø  Mountain Hotel, yaitu hotel yang berlokasi di daerah pegunungan
Ø  Beach Hotel, yaitu hotel yang berlokasi di dekat pantai
Ø  City Hotel, yaitu hotel yang berlokasi di perkotaan
Ø  Highway Hotel, yaitu hotel yang berlokasi ditepi jalan bebas hambatan dan biasanya diperbatasan antara dua kota
Ø  Airport Hotel, yaitu hotel yang berlokasi dekat dengan lapangan terbang

5.     BERDASARKAN LAMA TAMU MENGINAP

Ø  Transient Hotel, hotel dimana para tamunya rata-rata menginap hanya untuk satu atau dua malam
Ø  Residential Hotel, yaitu hotel dima para tamunya menginap untuk jangka waktu lama, lebih dari satu minggu
Ø  Semi Residential Hotel, yaitu hotel dimana para tamunya menignap lebih dari dua malam sampai satu minggu






6.     BERDASARKAN DISAIN DAN STRUKTUR HOTEL

Ø  Conventional Hotel, hotel yang bentuknya tinggi bertingkat menjulang kelangit
Ø  Bungalows, hotel yang bentuknya tidak bertingkat dan setiap bangunan berlokasi menyebar satu dengan yang lain
Ø  Motor Hotel, hotel yang mempunyai garasi di masing-masing kamar atau kelompok kamar

7.     BERDASARKAN LAMA BUKA HOTEL DALAM SETAHUN

Ø  Seasonal Hotel, yaitu hotel yang dibuka hanya untuk waktu-waktu tertentu dalam satu tahun (3 bulan, 6 bulan, 9 bulan)
Ø  Year Round Hotel, yaitu hotel yang dibuka sepanjang tahun

8.     BERDASARKAN TARIF HOTEL

Ø  Economy Hotel, yaitu hotel dengan tarif yang relatif murah
Ø  First Class Hotel, yaitu hotel dengan tarif sedang
Ø  Deluxe Hotel, yaitu hotel dengan tarif mahal


Penentuan jenis hotel tidak terlepas dari kebutuhan pelanggan dan ciri atau sifat khas yang dimiliki wisatawan (Tarmoezi, 2000) :
5) Berdasarkan hal tersebut, dapat dilihat dari lokasi dimana hotel tersebut dibangun, sehingga dikelompokkan menjadi:

A. CITY HOTEL
Hotel yang berlokasi di perkotaan, biasanya diperuntukkan bagi masyarakat yang bermaksud untuk tinggal sementara (dalam jangka waktu pendek). City Hotel disebut juga sebagai transit hotel karena biasanya dihuni oleh para pelaku bisnis yang memanfaatkan fasilitas dan pelayanan bisnis yang disediakan oleh hotel tersebut.

B. RESIDENTIAL HOTEL
Hotel yang berlokasi di daerah pinngiran kota besar yang jauh dari keramaian kota, tetapi mudah mencapai tempat-tempat kegiatan usaha. Hotel ini berlokasi di daerah-daerah tenang, terutama karena diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin tinggal dalam jangka waktu lama. Dengan sendirinya hotel ini diperlengkapi dengan fasilitas tempat tinggal yang lengkap untuk seluruh anggota keluarga.

C. RESORT HOTEL
Hotel yang berlokasi di daerah pengunungan (mountain hotel) atau di tepi pantai (beach hotel), di tepi danau atau di tepi aliran sungai. Hotel seperti ini terutama diperuntukkan bagi keluarga yang ingin beristirahat pada hari-hari libur atau bagi mereka yang ingin berekreasi.

D. MOTEL (MOTOR HOTEL)
Hotel yang berlokasi di pinggiran atau di sepanjang jalan raya yang menghubungan satu kota dengan kota besar lainnya, atau di pinggiran jalan raya dekat dengan pintu gerbang atau batas kota besar. Hotel ini diperuntukkan sebagai tempat istirahat sementara bagi mereka yang melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum atau mobil sendiri. Oleh karena itu hotel ini menyediakan fasilitas garasi untuk mobil.

SEGI JUMLAH KAMAR HOTEL

Menurut Tarmoezi (Tarmoezi,2000:3), dari banyaknya kamar yang disediakan, hotel dapat dibedakan menjadi :

A. SMALL HOTEL
Jumlah kamar yang tersedia maksimal sebanyak 28 kamar.

B. MEDIUM HOTEL
Jumlah kamar yang disediakan antara 28- 299 kamar.

C. LARGE HOTEL
Jumlah kamar yang disediakan sebanyak lebih dari 300 kamar.


KARAKTERISTIK HOTEL

Perbedaan antara hotel dengan industri lainnya adalah :

A. Industri hotel tergolong industri yang padat modal serta padat karya yang artinya dalam pengelolaannya memerlukan modal usaha yang besar dengan tenaga pekerja yang banyak pula.

B. Dipengaruhi oleh keadaan dan perubahan yang terjadi pada sektor ekonomi, politik, sosial, budaya, dan keamanan dimana hotel tersebut berada.

C. Menghasilkan dan memasarkan produknya bersamaan dengan tempat dimana jasa pelayanannya dihasilkan.

D. Beroperasi selama 24 jam sehari, tanpa adanya hari libur dalam pelayanan jasa terhadap pelanggan hotel dan masyarakat pada umumnya.

E. Memperlakukan pelanggan seperti raja selain juga memperlakukan pelanggan sebagai patner dalam usaha karena jasa pelayanan hotel sangat tergantung pada banyaknya pelanggan yang menggunakan fasilitas hotel tersebut.


DEPARTEMEN DALAM HOTEL

1. ROOM DEPARTEMENT:

Ø  Front Office, berfungsi dalam memberikan pelayanan pada bagian depan hotel
Ø  Room Division, berfungsi dalam administrasi yang berkaitan dengan kamar
Ø  Housekeeping, berfungsi dalam masalah penyiapan dan pembersihan kamar
Ø  Reservation, berfungsi menerima reservasi dari tamu dan agen
Ø  Roommaid/Roomboy, berfungsi menyiapkan dan membersihkan kamar
Ø  Bellboy, memberikan pelayanan mengantar & membawa barang tamu
Ø  Operator, berfungsi memberikan pelayanan melalui telepon

2. FOOD & BEVERAGE DEPARTEMENT:

Ø  Cook, berfungsi menyiapkan menu sesuai order dan bertugas pd F & B produksi
Ø  Steward, berfungsi membantu cook membersihkan peralatan dapur
Ø  Waiter/Waitress, berfungsi memberikan pelayanan pd tamu dan bertugas pada F & B service

3. ACCOUNTING DEPARTEMENT:

Ø  General Cashier, berfungsi mengadministrasikan penerimaan dan pengeluaran kas dan bertugas pada back office
Ø  Income auditor, berfungsi melaporkan pendapatan hotel dan bertanggung jawab atas pengendaliannya
Ø  Credit, berfungsi melakukan analisa kredit kredit dan kebutuhan modal kerja hotel
Ø  Staff (accounting Receivable, Acconting Payable), berfungsi membantu pengadministrasian piutang dan hutang
Ø  Marketing/Sales, berfungsi dalam administrasi pemasaran hotel
Ø  Personnel, berfungsi dalam administrasi karyawan hotel

4. MONOR DEPARTEMEN:

Ø  Operator, berfungsi memberikan pelayan telepon
Ø  Laundry, berfungsi memberikan pelayan laundry
Ø  Sport, berfungsi memberikan pelayanan fasilitas olahraga
Ø  Sauna dan lain-lain

5. FUNGSI LAIN:

Ø  Purchasing, berfungsi melakukan pembelian barang keperluan hotel
Ø  Security, berfungsi menjaga keamanan hotel
Ø  Houseman, berfungsi melakukan pembersihan area luar kamar


RUANG LINGKUP USAHA PERHOTELAN
     
Hotel merupakan wadah yang menyediakan sarana tempat tinggal sementara (akomodasi) bagi umum, yaitu : orang-orang yang datang dengan berbagai ragam tujuan, maksud serta keperluan ke daerah di mana hotel berdomisili.

Hotel memilih domisilinya di tempat-tempat atau di lingkungan daerah yang memiliki potensi untuk dikunjungi, seperti panorama, adat istiadat masyarakat, social, budaya, sebagai pusat pemerintahan, pusat perdagangan, keagamaan dan pusat kegiatan spiritual dan lain-lain.

Hotel sebagai tempat tinggal sementara harus dapat mencerminkan pola kebudayaan masyarakatnya dalam arti yang luas.

Hotel diharapkan dapat mencerminkan suasana hunian yang dinamis, kreatif, serta dapat menciptakan suasana yang homogeny di tengah-tengah suasana yang heterogen di daerah di mana hotel berlokasi.


FASILITAS USAHA HOTEL


Hotel merupakan bagian yang integral dari usaha pariwisata yang menurut Keputusan Menparpostel disebutkan sebagai suatu usaha akomodasi yang dikomersialkan dengan menyediakan fasilitas-fasilitas sebagai berikut :

1. Kamar tidur (kamar tamu)
2. Makanan dan minuman
3. Pelayanan-pelayanan penunjang lain seperti :

Ø  Tempat-tempat rekreasi
Ø  Fasilitas olah raga
Ø  Fasilitas laundry, dsb

Hotel merupakan usaha jasa pelayanan yang cukup rumit pengelolaannya, dengan menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dipergunakan oleh tamu-tamunya selama 24 jam (untuk klasifikasi hotel berbintang 4 dan 5). Di samping itu, usaha perhotelan juga dapat menunjang kegiatan para usahawan yang sedang melakukan perjalanan usaha ataupun para wisatawan pada waktu melakukan perjalanan untuk mengunjungi daerah-daerah tujuan wisata, dan membutuhkan tempat untuk menginap, makan dan minum serta hiburan.

Di samping itu seringkali disediakan sarana penunjang seperti: fasilitas olahraga, bisnis centre, kolam renang, musik hidup,dan jenis atraksi lainnya. Layanan yang ramah mulai dari pimpinan puncak sampai dengan karyawan pelaksana diperlukan untuk memberikan kepuasan kepada setiap tamu.

Adapun fasilitas yang di miliki hotel biasanya sebagai berikut :

Ø  Jasa penginapan
Ø  Pelayanan makan dan minum
Ø  Jasa laundry
Ø  Jasa bawa’an
Ø  Jasa penggunaan perabot dan lainnya
Ø  Jasa menyediakan kebutuhan bagi wisatawan yang bermalam di hotel


STANDARD OPERATING PROCEDURES



TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB :

CHECK IN PROSEDURE


LANGKAH KEGIATAN :

  1. Stand by didalam counter setiap saat
  2. Tersenyum sebelum tamu datang ke counter
  3. Ucapkan selamat datang dan menawarkan bantuan kepada tamu
  4. Tanyakan pada tamu apakah sudah membuat reservation atau belum
  5. Apabila sudah reservasi tanyakan nama  : check “Today Expected Arrival List” di computer/ obtain
  6. Apabila belum reservation jelaskan untuk available kamar berikut harga dan fasilitas dengan menjelaskan dari type dan harga kamar yang paling tinggi ( up selling)
  7. Menjelaskan fasilitas hotel dan program atau kerjasama dengan provider lain.
  8. Meminjam kartu identitas ( Ktp, Sim, Pasport ) untuk diisikan ke Registration Form” mintalah tamu menandatangani registration form.
  9. Tanyakan mengenai sistem pembayaran : Cash, Credit card, GL, Voucher.
  10. Mintalah deposit minimal untuk satu malam ( 1,5 dari total transaksi )
  11. Jika pebayaran dilakukan cash dibuatkan cash receipt ( lembar putih untuk tamu, lembar merah untuk receptionist, lembar biru untuk Front Office Cashier dengan disatukan dengan uang deposit tersebut, pastikan jumlah uang sesuai).
  12. Jika pembayaran dilakukan kartu kredit, kartu kredit di sale atau open kemudian ditandatangani oleh Tamu satukan dengan copy registrasi yang ada di FOC.
  13. Mintalah nomor telephone/handphone, alamat email, tanyakan mengenai karcis/tanda parkir kendaraan, nomor kendaraan.
  14. Block kamar sesuai dengan reservation blok pada “Room Rack”
  15. Siapkan kunci kamar dan guest card, breakfast coupon, welcome drink coupon, cash receipt
  16. Jelaskan pada tamu mengenai :

Ø  Nomor kamar
Ø  Jumlah tamu yang datang sesuaikan dengan reservation 
Ø  Tawarkan extrabed jika over pax
Ø  Fasilitas yang didapat oleh tamu
Ø  Waktu Check out
Ø  Repeat
Ø  Memanggil “Bell Service” dan memberikan kunci untuk diantar ke kamar
  1. Ucapkan selamat istirahat dan menikmati fasilitas selama tinggal di Hotel Puteri Gunung dengan menyebutkan nama tamu.
  2. Last greeting
  3. Input data ke komputer dan memberikan 1 copy registration form ke Front Office Cashier
  4. Pastikan data yang di input lengkap

STANDART GROOMING

1.      PERSIAPAN DIRI

Ø  Memiliki kebiasaan rapih dan bersih dalam penampilan
Ø  Pakaian seragam bersih dan rapih
Ø  Rambut disisir rapih , bagi pria berambut pendek,bagi wanita yang berambut panjang menggunakan ikat rambut berwarna hitam
Ø  Kuku selalu bersih dan pendek
Ø  Telinga bertindik tidak lebih dari satu bagi wanita dan bagi pria tidak bertindik
Ø  Aroma parfum yang dipilih lembut
Ø  Perhiasan yang dikenakan tidak berlebih
Ø  Sepatu berwarna hitam dan bersih.kaos kaki tidak berorama tidak sedap  

PERAWATAN DIRI

Ø  Mandi teratur setiap hari
Ø  Memelihara kesehatan tubuh tetap bugar
Ø  Kurangi bau badan
Ø  Membersihkan gigi dan kurangi bau mulut



HOTEL STANDART GROOMING


STANDART GROOMING PRIA

Berikut standar grooming untuk karyawan hotel  bagi pria adalah seabagai berikut:

Ø  Potongan rambut harus rapi
Ø  Nafas yang segar dan gigi bersih 
Ø  Seragam bersih dan tersetrika Rapi
Ø  Kancing baju terpasang
Ø  Name tag selalu dipakai
Ø  Kantong baju tidak penuh dengan barang – barang yang dikantongi
Ø  Tangan dan kuku bersih dan   kuku dipotong bukan dipelihara  panjang
Ø  Celana sesuai panjang sesuai   dengan aturan yang berlaku
Ø  Sepatu warna hitam dan mengkilat dengan warna kaos kaki yang serasi warna celana

STANDART GROOMING WANITA

Berikut standar grooming untuk karyawan hotel  bagi wanita adalah seabagai berikut:

Ø  Rambut harus bersih dan style yang  serasi
Ø  Nafas segar dan gigi bersih, lipstik   yang lembut
Ø  Aksesoris / kalung yang tidak    berlebihan
Ø  Blouse bersih disetrika halus dan   tegas
Ø  Name tag selalu dipakai Jangan memakai parfum yang menyengat
Ø  Tangan bersih dan dan kuku dipotong pendek dan dicat
Ø  Sepatu yang nyaman dipakai,disemir mengkilat dan tidak memakai hak yang tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar